加班 Akademik: Pemutakhiran RPS OBE dan Cascading 老师们 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

Surabaya, 17 Mei 2025 — Para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, mengadakan kegiatan tambahan akademik (加班) sebagai upaya memperbarui dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Penyusunan ini dilakukan secara sistematis dengan mengacu pada pendekatan Outcome-Based Education (OBE), yang menitikberatkan pada capaian hasil pembelajaran sebagai fokus utama dalam desain kurikulum.
Pendekatan OBE mendorong transformasi kurikulum agar lebih terarah pada kompetensi akhir lulusan. Oleh sebab itu, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dirumuskan secara terstruktur, mencakup dimensi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. CPL ini disusun berdasarkan profil lulusan yang diharapkan mampu beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja dan tantangan global.
Untuk mendukung pencapaian CPL, setiap mata kuliah memiliki Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang lebih rinci dan spesifik, sesuai dengan fokus kajian dan materi ajar masing-masing. Dalam proses ini, dosen menyesuaikan penyusunan bahan ajar pokok dan referensi pendukung guna memastikan keterkaitan antara materi, metode, dan hasil belajar yang ditargetkan.
Salah satu pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah metode studi kasus (case method), yang menempatkan mahasiswa sebagai pusat aktivitas belajar. Pendekatan ini terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi secara efektif, serta meningkatkan keterampilan interpersonal.
Pembaruan RPS ini juga berkaitan erat dengan pelaksanaan Review Tingkat Manajemen (RTM), yakni forum evaluatif yang diselenggarakan secara berkala oleh unit pengelola program studi dan fakultas untuk menilai keberlanjutan, kecukupan, dan keselarasan sistem manajemen mutu pendidikan. Dalam forum tersebut, para dosen turut membahas penyesuaian kebijakan akademik dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs), khususnya tujuan keempat yang berfokus pada pendidikan yang inklusif, adil, dan berkualitas.
Selain aspek kurikulum, kegiatan ini juga mencakup pembahasan tentang mekanisme cascading target kinerja dosen, yang menjadi dasar dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Penetapan SKP ini mengacu pada arah strategis institusi sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra), dan akan dievaluasi secara berkala di akhir tahun untuk menjamin akuntabilitas dan efektivitas kerja dosen.
Seluruh rangkaian kegiatan ini menjadi bagian dari langkah proaktif Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin dalam memperkuat kualitas pendidikan tinggi, sejalan dengan komitmen Universitas Negeri Surabaya untuk selalu berada "Satu Langkah di Depan" dalam inovasi dan pengembangan akademik.